Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seorang Ibu di Gowa Cungkil Mata Putrinya demi Pesugihan


Sungguh malang nasib AP. Pada umurnya yang masih 6 tahun, bocah itu harus kehilangan salah satu bola matanya. Dia menjadi korban kekerasan oleh ibunya, H, yang lokasi kejadiannya berada Malino, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Perbuatan pelaku yang disebut-sebut turut dibantu suami, kakek dan paman korban, terbongkar setelah Bayu (34 tahun), paman korban, memergoki setelah mendengar suara tangisan anak kecil dan segera melapor ke petugas dan mengambil cepat AP dan membawanya ke Rumah Sakit Umum Daerah Syeikh Yusuf Gowa.

Perbuatan para pelaku dengan mencungkil mata AP, konon, untuk persembahan pesugihan.

"Di rumah itu memang mereka sering gelar ritual aneh seperti pesugihan dan mereka kerap berhalusinasi," kata Bayu kepada wartawan, Sabtu, 4 September 2021.

Setelah mendapat laporan, Polres Gowa bergerak cepat, termasuk segera mengamankan sejumlah pelaku, masing-masing ibu dan ayah korban serta kakek, nenek, dan paman korban.

Bahkan, dua pelaku dibawa ke Rumah Sakit Dadi Makassar untuk menjalani pemeriksaan gangguan mental kejiwaan. Pelaku mengaku kerap mengalami halusinasi dan selalu mendapat bisikan-bisikan gaib.